Tuesday, December 6, 2016

Marketing Mix / Strategi pemasaran

Marketing Mix (Strategi Pemasaran)
Marketing mix adalah pemasaran yang di lakukan secara bersama-sama, dalam arti mengatur strategi pemasaran yang dilakukan secara terpadu, atau untuk mudahnya adalah strategi pemasaran yang di lakukan secara bersama-sama dalam menerapkan beberapa elemen strategi pemasaran yang ada dalam marketing Mix.
Menurut beberapa istilah pengertian marketing mix itu sendiri adalah sekumpulan beberapa variable yang dimana semua variabel pemasaran itu dapat dikendalikan, dan dapat digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang telah ditentukan dalam target pemasaran. jadi pengertian marketing mix sendiri adalah sebuah tujuan yang harus di capai dengan beberapa penerapan saling bekerja sama satu sama lain. 

Variabel Marketing Mix (7P)
Berdasarkan uraian diatas, Terlihat bahwa marketing dan marketing mix merupakan bangunan yang terdiri dari beberapa unsur atau variabel, Dan ini disebut unsur atau variabel marketing. Variabel marketing atau Marketing Mix yaitu :
1. Proses
2. People ( Orang )
3. Produk
4. Price ( Harga )
5. Place ( Tempat )
6. Physical Evidence  (Lingkungan Fisik)
7. Promotion ( Promosi )


Berikut pengertian dari Variabel marketing diatas.
1.    Proses :
Adalah rangkaian tindakan yang dijalankan dalam kegiatan marketing, Proses ini dimulai dari pengumpulan informasi pasar mengenai kebutuhan masyarakat atau konsumen, Ide produk guna memenuhi kebutuhan konsumen, Produksi, Penentuan harga dan penyampaian produk kepada konsumen.

2.    People atau Orang :
Adalah keleluruhan orang sebagai pelaku dalam proses kegiatan marketing, dari pengumpulan informasi pasar sampai produk diterima konsumen atau pemakai.

3.     Produk :
Adalah sesuatu yang bisa ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian, Pembelian, Pemakaian atau konsumsi guna pemenuhan keinginan serta kebutuhan. Produk ini bisa dalam bentuk jasa atau produk fisik.

4.    Price atau harga :
Adalah nilai nominal yang ditetapkan untuk suatu barang yang merupakan ukuran bagi pembeli untuk melakukan pembayaran.


5.    Place atau Tempat :
Adalah semua tempat yang digunakan sebagai saluran distribusi yang memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memperoleh produk yang dibutuhkan, atau yang lebih dikenal dengan istilah perantara.

6.    Lingkungan fisik atau Physical Evidence :
Adalah segala sesuatu benda fisik yang digunakan dalam proses Marketing, Meliputi Tampilan produk, Alat pembuat Produk, Mutu produk dan Sarana fisik lain yang mendukung proses marketing.

7.    Promotion:
Adalah strategi dalam berkomunikasi atau menyampaikan informasi produk atau jasa dari penjual kepada pembeli, dalam kaitan hal ini kita harus cerdas untuk menyusun strategi promosi supaya produk yang kita tawarkan bisa dikenal oleh pemakai atau konsumen.

ORIENTASI PASAR (MARKET ORIENTATION)
Orientasi pasar didasarkan pada suatu filosofi bahwa suatu penjualan tidak tergantung pada penjualan yang agresif, tetapi lebih pada keputusan konsumen untuk membeli produk. Orientasi pasar lebih diarahkan untuk memahami pesaing, fokus pada konsumen, koordinasi antarfungsi dalam rangka memberikan nilai yang terbaik.

Contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar adalah
a.    Toyota
Toyota di dalam memasarkan produknya selalu melihat segmentasi pasar, kemudian mereka memproduksi barang disesuaikan dengan segmentasi pasar tersebut, sehingga mereka dapat memperoleh pangsa pasar yang cukup besar.  Contohnya adalah adanya Toyota avanza, , dan Toyota Alphard, ketiganya adalah family car akan tetapi memilki segmentasi yang berbeda-beda.
b.    Apple Inc
Apple menjual produknya dengan mengutamakan kualitas dari produknya, yaitu keunikan dari sistem operasi produk-produkya, seperti sistem operasi Mac OS yang hanya bisa diperoleh dengan membeli produk Apple.  Kebanyakan orang membeli produk Apple untuk mendapatkan kualitas produk apple tersebut walaupun harganya cukup mahal .

Contoh perusahaan yang tidak menggunakan orientasi adalah perusahaan yang tidak maju dalam menjalankan usahanya, yang lama lama akan mengalami kebangkrutan .

Manfaat orientasi pasar untuk produsen dalam jangka panjang adalah mencapai keunggulan bersaing dari fokus ke luar dan berorientasi pada pasar. isu penting dalam pengembangan keunggulan bersaing meliputi, upaya menciptakan nilai konsumen, menjaga kepuasan konsumen, membangun hubungan jangka panjang .

Kerugian perusahaan yang tidak menggunakan orientasi pasar adalah perusahaan tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya. Hal ini disebabkan karena pengetahuan sedikit tentang persaingan dan kebutuhan pelanggan dengan begitu pelanggan akan lebih tertarik kepada pesaing yang memiliki penawaran yang lebih baik.


Pengaruh Harga Terhadap Produsen dan Konsumen
Perilaku produsen dalam memproduksi dan  menetapkan harga disebabkan karena produsen memiliki prinsip ekonomi yaitu dengan cara menekan biaya produksi untuk menghasilkan barang produksi sesuai yang diharapkan.
Contoh tindakan produsen yang berdasarkan prinsip ekonomi, diantaranya ;
·         Menggunakan bahan mentah berkualitas tinggi dengan harga murah
·         Menetukan lokasi pabrik yang dekat dengan bahan baku
·         Memilih dan menetapkan barang yang akan diproduksi
·         Menetapkan jumlah tenaga kerja dan alat-alat produksi agar biaya produksi dapat ditekan serendah-rendahnya
·         Membuat analisis kebutuhan pasar agar barang yang diproduksi dapat laku terjual
·         Produsen selalu mengusahakan agar hasil produksinya dibeli konsumen dengan harga terjangkau dengan mutu yang baik dan mampu bersaing
·         Memperoleh keuntungan sebesar-besarnya

Perilaku konsumen adalah aktivitas ketika seseorang melakukan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan terutama dalam menentukan keputusan untuk membeli suatu produk.
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.Untuk membeli produk sepatu hal yang pertama dilihat oleh konsumen adalah kualitas yang dimiliki produk tersebut,dan hal yang diperhatikan selanjutnya adalah merek dan harga. Proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.


Tiga Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Konsumen :

1). Konsumen Individu (Pilihan kualitas ber merk)
Pemilihan dipengaruhi oleh ; Kebutuhan konsumen, Persepsi atas karakteristik merk, dan Sikap kearah pilihan. Sebagai tambahan, pilihan merek dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.
2). Pengaruh Lingkungan Lingkungan pembelian konsumen
Hal ini ditunjukkan oleh Budaya (Norma kemasyarakatan, pengaruh kedaerahan atau kesukuan. Kelas sosial (keluasan grup sosial ekonomi atas harta milik konsumen), Grup tata muka (teman, anggota keluarga, dan grup referensi) dan lain lain
3.) Faktor menentukan yang situasional  
Merupakan variabel dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhi konsumen. Variabel-variabelnya adalah : Barang, Harga, Periklanan dan merek yang mendorong konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian suatu produk .










Sumber:

0 comments:

Post a Comment